1 persen

sukses pic

Hello para pembaca. setelah lama tidak menulis saya ingin update artikel terbaru mengenai pembicaraan yang menarik baru-baru ini dengan seorang teman. Teman tersebut hanya membagi pandangannya mengenai apa yang coba dicapai menurut pengalaman dia.

Sebelumnya saya sudah mendapatkan ijin restu dari beliau untuk membagi pengalamannya, terutama sudut pandangnya. Mari disimak : Menurut bapak A ini definisi sukses bagi dia dalam trading adalah …

apabila dia mendapatkan keuntungan 1% setiap hari secara konsisten. Tetapi bagi dia belum sukses karena belum menemukan cara yang bisa konsisten (sistem trading mungkin atau ada hal lainnya, saya juga belum begitu jelas). Terlepas dari cara atau apapun perjuangan yang coba dilalui beliau saya hargai tentunya, tetapi ada satu poin yang ingin saya bahas terkait dari pernyataan beliau.

Yaitu pada 1 persen nya, kunci 1 persen setiap hari sangat sulit sekali dicapai kecuali anda ikut dalam skema ponzi / madoff. 1 persen dikalikan 25 hari (hari trading) = 25 %, luar biasa sekali dalam 4 bulan anda sudah balik modal dan dalam 1 tahun sudah mendapatkan 300 %.

Kecuali anda sedang menanamkan uang di skema ponzi maka anda sudah pasti mendapatkan kepastian (kepastian hilang hehe.. ), tetapi kalau anda sendiri yang sedang melakukan trading (perjalanan yang tidak mudah tentunya). Maka menggunakan target 1% sehari sungguh menantang kalau tidak mau dikatakan sulit, biasanya sih ini digunakan untuk orang-orang profesional yang trading harian seperti scalping (dan terkadang ada hari-hari buruk juga bagi mereka), jarang digunakan untuk swing trade atau position trader.

Okay jadi kenapa saya bisa katakan bahwa 1% ini sulit dan menantang? Mari kita berhitung, misal hari senin anda untung 1% , selasa untung 1%, rabu untung 1%, kamis 0%, jumat -1% total anda mendapatkan 3% seminggu. Padahal seharusnya jika 1% sehari maka dalam 1 minggu anda sudah mendapatkan 5%, apa yang terjadi pada senin berikutnya? Jika anda tetap konsisten menghasilkan 1% sehari maka anda masih kekurangan 2% dari hasil trading minggu lalu bukan?

Pertanyaan berikutnya adalah apabila minggu kedua tersebut ternyata anda loss setiap hari 1%, berarti anda minus 5% untuk total minggu itu ditambah minus 2 % yang belum anda dapatkan lagi minggu sebelumnya. Ini baru 2 minggu loh jadi anggap dalam dalam 2 minggu berikutnya anda untung setiap hari 1% (ingat ini cara bapak A loh, kalau sudah sampai target dia berhenti, berarti 1 % capai dia stop).

Yang tidak dipikirkan adalah apa yang harus dilakukan pada kerugian yang sudah di deritanya pada bulan itu yaitu -7% atau -8%, strategi seperti itu sama sekali tidak memberi ruang untuk kalah sebenarnya dan sangat berbahaya sekali. (contoh diatas belum termasuk hitungan modal, hasilnya tentu kurang lebih saja)

Ini yang saya maksud mentalitas skema ponzi, karena yang dikasih lihat atau yang difokuskan adalah untungnya terus, pokoknya harus naik tanpa turun sehingga tidak ada pemikiran resikonya, jangan pikir ini berlaku di money game dan mlm tapi di saham juga banyak yang seperti ini memamerkan hasil untung dari rekomendasi mereka. Hal yang sama berlaku kalau X % dihitung dalam mingguan atau bulanan, anda tinggal ganti saja kata hari dengan mingguan atau bulanan, bedanya di time frame dan besaran hasil yang dicapai, sebagai contoh 30% dalam sebulan (sehari 1% juga kan), jadi please hati-hati terhadap hasil return yang besar karena resiko berbanding lurus dengan imbal hasil.

Saya bukannya tidak begitu suka menetapkan suatu angka pasti untuk pencapaian profit, karena fokus ranah nya adalah pada pengelolaan resiko dan keuntungan. Dan lagi sebenarnya kalau anda trading akan selalu ada hari-hari atau waktu dimana anda akan mengalami keuntungan atau mengalami kerugian, bisa jadi anda akan mengalami keuntungan terus menerus atau bahkan kerugian yang terus menerus sehingga akumulasi total hasil trading anda misal dalam seminggu atau sebulan itu menghasilkan angka yang positif atau negatif dalam neraca laba rugi anda.

Jadi kalau anda menetapkan target terlalu pendek walaupun tingkat pencapaian (%) juga tidak terlalu tinggi tetapi waktu yang terlalu pendek akan membuat ruang bergerak anda menjadi sulit / kaku. Walaupun penting untuk menetapkan target, tetapi alangkah baiknya menetapkan target secara garis besar terlebih dahulu sebelum memecahnya ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil. Selain itu sebenarnya ada hal lain yang harus dipertimbangkan dalam mengejar keuntungan yang terlalu tidak masuk akal seperti ini (beberapa diantaranya adalah kondisi psikologi si trader, money management, kondisi pasar, keadaan ekonomi secara global).

Mengapa tidak masuk akal? Karena 1% per hari menurut saya terlalu luar biasa, artinya satu, anda menetapkan target yang luar biasa tinggi karena pencapaian 1% sama dengan 25% per bulan, bisnis apa yang bisa menghasilkan demikian tanpa anda perlu melakukan apapun?

Kedua, jujur saja 1% sebenarnya bagi sebagian scalper atau yang profesional hal itu tidak sulit dicapai, kadang sehari 5% pun trader indonesia juga bisa. Tetapi beda tentunya jam terbangnya, bagi mereka pencapaiannya adalah hasil akumulasi dari total trading  (jadi bisa saja hari ini mereka plus 5% tetapi belum menjamin besok akan bisa mendapatkan hasil yang samamereka yang  dimiliki oleh mereka yang mempunyai sistem trading atau cara mereka sendiri yang sudah mereka kelola, asah maupun mereka pelajari untuk dapat diterapkan. Sehingga yang perlu dilihat adalah track record yang bisa menunjukkan hal tersebut dan sepengetahuan saya, trader profesional mereka tidak serta merta mempublikasikan hasil trading mereka ketika baru untung beberapa bulan atau berpromosi ria pada semua media sosial atas kebenaran dari rekomendasi mereka (saya sedang berpikir keras saya mungkin akan menerima sebagian dana dari para orang-orang ini, ketimbang anda ikut rekomendasi bulanan mending sumbangkan atau sisihkan untuk ikut program sosial yang sering saya adakan / diadakan oleh saya dan teman saya goodwill  / IG goodwill hahaha..).

Jadi yang diharapkan oleh bapak A tadi dengan situasi yang dimilikinya saat itu berbanding terbalik, karena yang ada di pikirannya adalah dia harus naik setiap hari 1 persen tetapi ketika saya bertanya apakah masih ada minus-nya ketika dia trading dan beliau menjawab iya, maka akan sulit sekali buat beliau untuk sukses dan akan menjadi pergolakan bagi dirinya karena harus berjuang kembali mendapatkan gain karena target-nya setiap hari 1 %, sehingga loss 1 hari sudah tidak memungkinkan lagi untuk mencapai tujuan dia.

Sekali lagi sebenarnya bukan hanya bapak A yang saya temui yang membahas seperti ini tetapi hampir setiap orang yang saya temui ketika membahas trading berpikir bahwa profit harus naik terus setiap saat dan kemudian orang ini lah yang dikatakan hebat / sukses. Saya tidak mempermasalahkan persen profitnya sebenarnya tetapi dari sisi kerangka berpikir yang harus diluruskan terlebih dahulu.

sukses itu perjalanan bukan tujuan.
Adi W Gunawan

sukses 1

Trading di saham atau di instrumen keuangan lainnya itu sama seperti bidang usaha lainnya, perlu disiplin, komitmen dan usaha kerja keras, seandainya trading bisa semudah itu maka anda sudah pasti melihat banyak sekali orang kaya baru, coba cari tahu saja berapa perbandingan trader yang sukses dengan yang gagal dan anda akan kaget. seperti yang saya alami dan temui ternyata tidak semudah seperti yang dibayangkan, trader part-time saja masih harus berjuang bahkan trader yang full time trader pun juga masih berjuang untuk memperbaiki dirinya sendiri.

sukses pic

Satu hal lagi jangan berasumsi mencari dan menemukan satu trading sistem yang luar biasa akurat yang dapat mengalahkan pasar, yang lalu membuat anda akan mengira akan langsung mendapatkan jalan menuju kekayaan. Semakin spesifik suatu sistem maka dia membutuhkan persyaratan yang spesifik juga (kata mentor saya).

semoga bermanfaat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1