September 20, 2018

Welcome to my journey

Another Story 2018 – part 1

ScreenShotIpot01

Artikel ini muncul setelah beberapa waktu yang lalu saya bertemu banyak sekali teman-teman yang kebingungan tentang cara memulai entah di bidang apapun (walaupun sebenarnya awalnya diskusi berputar di saham). Walaupun sebenarnya saya sendiri juga tidak berkutat pada bagian memulai tetapi ya saya tetap mencoba membantu sebisa mungkin untuk memberikan informasi yang bisa saya bantu.

Menurut saya walaupun sebenarnya kita sendiri harus berusaha untuk mengerti seluk beluk dari platform trading yang digunakan, karena itu langkah awal seorang trader atau yang memulai untuk trading adalah mengenal trading platform. Dan karakter orang beda-beda tentunya, memang tidak dapat dipungkiri ketika di tanya dan orangnya terkesan tidak mau segan maka akan membuat kita tidak nyaman, wajar sih.

Akan tetapi hendaknya kita tidak langsung mundur atau tidak mengutak-atik platform tersebut, platform dibuat sebisa mungkin memang sesuai dengan desainer program platform tersebut, dan jika kita ingin memakainya maka kita harus mencoba untuk mengutak atik sebisa mungkin dan sesering mungkin.

Jadi kalau boleh saya cerita, pengalaman yang saya temui juga sama seperti beberapa kolega tersebut, sambutan dingin, terkesan arogan dan mau berdebat atau merasa paling hebat. Menurut saya karakter orang ya berbeda-beda sehingga jika kalau terasa tidak membantu maka solusi lain adalah mencari orang lain yang menggunakan platform yang sama dan utak atik lah sebisa mungkin (tips, hargai waktu orang tersebut dengan saling menyesuaikan waktu).

Utak-atik bisa di maksudkan untuk mengenal dan membuat nyaman penggunaannya karena ini juga bukan hanya soal beli dan jual. Kadang anda akan membutuhkan analisa juga untuk membuat rencana sebelum melakukan trading (trading plan).

Mengapa saya mengatakan utak-atik adalah hal yang penting karena pengenalan dan penyesuaian akan mempercepat dan mempersingkat waktu belajar anda, karena ketika nanti sedang dibahas analisa, maka kita langsung bisa mencari ke mana dan dimana harus mencarinya. Jadi waktu tidak terbuang percuma harus mengulang-ulang lagi dimana melihatnya dan mencarinya. Dengan demikian kita bisa dengan mudah langsung mengerjakan tugas-tugas kita seperti melakukan screening, mencari strategi baru dan sebagainya.

Jadi berikan waktu yang cukup untuk benar-benar menguasai platform karena anda akan menghemat sangat banyak waktu ketika sudah mengetahui seluk beluknya, terlebih lagi platform tersebut juga mempunyai banyak update-an jadi kita harus menerus memperbarui perkembangan.

Paling minim adalah paling tidak anda tidak kesulitan mencari screening yang anda butuhkan, misal anda butuh analisa teknikal atau analisa fundamental.

Semoga bermanfaat.

bersambung

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

59 + = 60