November 21, 2018

Welcome to my journey

Another story 2018 – part 2

dollar

Artikel sebelumnya adalah mengenai soal bagaimana kita harus benar-benar mengenal platform trading kita, kemudian sampai disini ada hal lain yang kemudian muncul di pembahasan ketika bertemu dengan beberapa kolega saya. Pertama adalah mengenai orang yang tidak membantu mengenalkan platform  (dimana saat itu sebenarnya kita tidak tahu apakah mungkin sudah ada pengenalan platform sebelumnya). Menurut saya, saya tidak tertarik membahasnya, membuang waktu.

Yang kedua adalah setelah saya membantu memberikan informasi yang bisa saya bantu mengenai platform, kenyataan berikutnya yang mungkin sedikit baru buat saya adalah mengenai bagaimana saya berkali-kali ditembak mengenai cara ampuh dan cara paling jitu untuk mendapatkan profit pada saat saya selesai menjelaskan beberapa fitur di platform trading.

Ini seperti keadaan saya dulu sekali mengira bahwa ada satu cara ampuh untuk dapat menguasai pasar (market), percayalah jika hanya ada satu cara maka banyak sekali orang yang kaya dan orang yang menguasai cara itu kaya duluan. Jadi jawaban saya adalah tidak ada, semua strategi bisa menghasilkan keuntungan dan juga kerugian jika berada di posisi yang sesuai atau tidak sesuai.

Contohnya adalah ketika trend turun, maka yang menggunakan strategi ma cross 5 x 20 maka tidak akan bisa melakukan entri, atau mungkin saja bisa entri tetapi hasilnya mungkin tidak sesuai karena trendnya belum menunjukkan perubahan arah, silakan dilihat contoh TLKM.

TLKM

Itu pun hanya MA (moving average) dan hanya 2 MA, ada yang menggunakan 3 dan kemudian di kombinasi dengan indikator lainnya, artinya berarti harus ada tambahan informasi untuk dipelajari dahulu. Biasanya kebanyakan hanya mau sinyal-sinyal dan sinyal lagi, pokoknya sinyal beli, beli atau kalau ada sinyal jual maka dijual tanpa mau terlebih dahulu analisa lainnya. Padahal kuncinya tetap di harga dan buat trend following maka trend pada harga juga berpengaruh bagi pengambilan keputusan saya.

Setelah menceritakan hal seperti ini maka ada yang paham dan mengerti bahwa mereka harus perlahan-lahan membangun informasi dan dapat menciptakan ide-ide trading yang ada di dalam. Setelah itu setelah beberapa saat kemudian saya bertemu kembali dan membahas kembali apa yang sudah didiskusikan sebelumnya dan kembali lagi saya mendapatkan pertanyaan cara paling ampuh lagi di pasar modal.

Dan saya menjawab bahwa sekali lagi, saya merasa strategi semua nya baik, begitu pula sistem trading juga banyak yang bagus. Tetapi jarang ada satu strategi ampuh yang bisa menghadapi pasar, maupun di saham atau di valas atau di komoditas dan sebagainya.

Contohnya ada strategi earning, strategi windows dressing, strategi gap, strategi corporate action (right issues, backdoor listing, earning dan sebagainya). semua bisa menghasilkan keuntungan atau kerugian tergantung apakah sesuai atau tidak strateginya. Dan semuanya itu punya peluang yang sama dengan kerugian.

jadi sebaiknya anda belajar untuk mengumpulkan dan mendapatkan ide-ide buat trading anda sehingga anda dapat melakukan trading sendiri tanpa harus mengandalkan sinyal beli atau jual baik dari dari indikator atau layanan berbayar, mereka semua hanya membantu mengambil keputusan bukan sebagai satu-satunya pengambil keputusan.

semoga bermanfaat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

66 − = 64