September 25, 2017

Select your Top Menu from wp menus

Apa arti sukses dalam trading bagi anda?

sukses

Saya mendapatkan pertanyaan ini ketika ada yang bertanya secara pribadi pada saya apakah saya sukses? Waktu saya bilang menurut saya sendiri iya (tentunya anda harus percaya pada diri anda sendiri), pertanyaan selanjutnya adalah berapa kekayaan saya, berapa jumlah mobil saya, berapa uang yang saya hasilkan dan seterusnya (untung tidak tanya berapa jumlah istri).

Saya memahami bahwa setiap orang mempunyai arti sukses yang berbeda di tiap bidang. Misalnya di sekolah dikatakan sukses apabila rangking satu, atau juara satu lomba dunia dan sebagainya. Tetapi di dunia trading ini terdapat miskonsepsi sejak awal. Bagi trader sepertinya kesuksesan berarti jumlah uang yang dihasilkan, materi yang dibeli dari hasil trading tersebut, nilai kekayaan yang dihasilkan dari hasil trading dan dengan semakin majunya teknologi dan media sosial maka semakin mengaburkan arti dari kesuksesan tersebut.

Ya saya akui juga kadang saya juga suka pamer di akun pribadi saya berapa persen keuntungan saya atau berapa profit yang saya hasilkan dari trading tersebut, tapi saya sudah tidak memamerkannya lagi karena saya mendapatkan jumlah “like” yang lebih banyak ketika akun saya merah dan minus ketimbang profit, jadi entah apakah mereka menyukai saya rugi atau bersyukur atas kerugian saya atau hal yang lainnya. Tapi tidak ada salahnya saya berpikir positif bahwa tanda suka mereka itu mengisyarakan bahwa trading itu tidak mudah karena saya pun masih bisa rugi (ya jelaslah siapa saya, hellooo!!!)

Kembali ke topic awal dari artikel ini apa arti kesuksesan seorang trader menurut anda?

  1. Apakah jumlah uang yang dihasilkan dari hasil trading-nya? Kalau demikian, berapa jumlah yang tepat yang bisa diukur dan dinyatakan sebagai sukses dalam trading? Apa ukurannya? 10 juta rupiah? 100 juta rupiah? Apakah orang yang mendapatkan profit 10 juta dikatakan tidak sukses dibandingkan 100 juta? Apa kalau demikian jadi orang yang untung 100 juta lebih hebat daripada yang untung 10 juta?
  2. Apakah dari materi yang dihasilkan dari hasil trading? Ini saya dapatkan dari seseorang yang bertanya untuk mereferensikan satu orang full time trader, yang ditanya mobil apa yang di pakai? Saya jadi lucu sendiri karena apakah orang sukses trading dari mobil yang di pakai? Jadi kalau pakai mobil mewah sekelas Jaguar, Bentley, Porsche, Ferarri itu berarti orang yang sukses? Anda kan tidak tahu kalau mereka sewa atau punya orang lain.
  3. Apakah dikatakan sukses dari seringnya berpergian, traveling, dan punya kebebasan waktu? Apa seorang trader sukses karena dia bebas melakukan apapun? Kenapa saya mengatakan demikian, karena saya pernah berdiskusi beberapa full time trader yang mengatakan bahwa justru menjadi full time trader itu belum tentu bebas melakukan apapun (salah satunya pak Robert LH, founder bei5000.com). menjadi full time trader itu membutuhkan disiplin waktu yang tidak sedikit, ketika jam trading anda tidak bisa tinggal pergi kemanapun karena anda harus standby.
    Anda juga harus mengatur waktu anda untuk kehidupan pribadi anda, full time trader yang lain malah mengatakan orang sering salah kaprah menggunakan kebebasan waktu sebagai salah satu tujuan yang ingin dicapai padahal itu hanyalah alasan untuk tidak melakukan hal yang tidak disukainya (yang ini akan saya pisahkan artikel sendiri ya jadi kita fokus pada tujuan awal artikel ini).
  1. Apakah dari seberapa benar kah rekomendasinya? Ini tidak dapat dipungkiri sebagai hasil dari kemajuan teknologi informasi dan media sosial sehingga banyak grup tercipta yang memiliki banyak pengikut dan berakhir nantinya adalah gesekan antara yang satu sama yang lain. Apakah rekomendasi yang paling benar berarti trader yang sukses? Kalau sering benar tapi tidak ada posisi juga ya percuma.
  2. Apakah butuh pengakuan? Ya ini juga tidak dapat dipungkiri, salah satu kebutuhan manusia selain sandang, pangan, dan papan adalah kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan dari sesamanya. Itu salah satu kebutuan yang sudah berada di atas kebutuhan hidup. Dikatakan bahwa pada level tersebut dikatakan manusia menjadi manusia yang lebih hidup, tapi tunggu dulu pengakuan ini didapatkan dari mana dulu. Apakah dari hasil benar-benar membagikan apa yang dimilikinya sehingga orang lain juga dapat merasakan maupun mendapatkan manfaat ataukah dari hasil sikut sana-sini, berantem dulu hingga saling menjatuhkan dimana yang terakhir baru diakui? Atau juga memamerkan hasil porto punya-nya orang lain lalu diakui diri sendiri supaya diakui bahwa dirinya hebat dan kita harus membayar karena dirinya bisa mendapatkan keuntungan sebesar itu?

Lalu apa sih sebenarnya arti kesuksesan seorang trader itu sih sebenarnya? Buat saya pribadi kesuksesan itu mampu secara mandiri untuk memutuskan apa yang terbaik bagi diri sendiri. Dapat dipahami bahwa terkadang kita butuh saran dan masukan dari pihak lain tetapi seiring waktu semestinya hal ini seharusnya hanya menjadi tambahan informasi ketimbang di makan mentah-mentah.

Sukses bukanlah tujuan, sukses itu perjalanan. Itu yang saya alami sendiri sampai saat ini, sebuah perjalanan yang tidak mudah karena saya terus bertemu hal-hal dengan situasi yang berbeda, kondisi yang berbeda setiap saat. Kalau anda mengganggap sukses itu tujuan maka ketika itu tercapai maka anda sudah tidak sukses lagi, anda sukses mencapai sukses itu tetapi setelah itu ya sudah anda stagnan.

Kalau kata salah satu mentor saya sebenarnya kesuksesan itu seharusnya berasal dari kemampuan yang muncul dari dalam diri anda sendiri. Singkat kata anda mampu menjadi mandiri dalam melakukan analisa dan mampu melakukan keputusan jual-beli berdasarkan kemampuan yang anda kembangkan sendiri.

Semoga bermanfaat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =