November 21, 2018

Welcome to my journey

Cara keluar (exit) pada saham – ERAA

era1

pagi rekan-rekan sekalian. berikut saya bahas sedikit mengenai saham $ERAA, saya juga kebetulan punya posisi disini (cukup besar juga karena pake margin, baru belajar juga sih), anyway mari kita lihat langsung posisi dibawah ini.

ERAA2

saya belinya kapan hari sempat-sempat mau sentuh breakout, kemudian setelah itu saya hanya mencoba menunggu harga mencoba menembus break sebelumnya atau tidak (break sebelumnya itu 3,040) lalu ternyata terjadi break tetapi hanya sampai 3,070. sebetulnya itu sudah warning buat saya, tetapi karena baru saja beli pakai margin maka pikirnya saya coba hold dulu siapa tahu naik, siapa tahu ya hehe..

ERAA2gbr

selama 2 hari menunggu serasa menunggu 2 minggu, jujur minggu kemarin merupakan minggu yang cukup bikin jantung berdebar. untuk itu pada tanggal 27 juni kemarin saya sudah memutuskan jika tidak break 2,800 maka harus keluar tetapi karena 27 ada RUPS 2 perusahaan terbuka maka saya urungkan niat (minus sempat -7% tetapi karena pakai margin terasa sampai -14% ).

era1

kemudian tanggal 28 juni, ketimbang suspend buy maka saya kemudian menjual semua di kisaran harga 2,600 an dengan total loss -20% (karena margin). ya pengalaman buat saya karena baru pertama kali juga, tetapi jangan lupa juga bahwa sesuai trend kita harus keluar ketika harga tidak dapat menembus dari harga tinggi sebelumnya.

untuk yang belum punya silakan hindari sementara, sementara yang sudah punya mungkin ini dapat dijadikan solusi, semoga membantu.

bagi yang mau memasang alert boleh dicoba di bot tele usernamenya @HQSahamIDX_bot, anda bisa menggunakannya apabila mempunya trading plan dan estimasi harga yang ingin anda tetapkan, biasanya saya hanya menggunakan alert harga karena sebelumnya sudah menentukan terlebih dahulu dimana saya akan ambil posisi, tetapi banyak sekali fiturnya yang bisa anda gunakan jika mau.

dan jika anda merasa bermanfaat maka jangan lupa untuk donasi melalui halaman ini. donasi anda akan membantu kelangsungan bot tersebut untuk dapat terus berjalan.

manusia punya kecenderungan mempunyai ingatan yang lemah, oleh karena itu saya gunakan jurnal ini untuk mengingatkan saya.

selalu gunakan “trading plan” dan manajemen resiko untuk portofolio anda (kerjakan pr anda).

Ingat itu uang anda sendiri gunakan dengan bijak.

this is not a stock pick, this is my trading journal.

Disclaimer

Segala tulisan yang ada di atas ini merupakan hasil riset pribadi dan tidak dimaksudkan sebagai suatu anjuran atau saran untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi (saham, forex, dll). Investor (pemilik investasi) maupun trader harus menyadari resiko tindakannya. Segala keputusan dalam membeli atau menjual suatu instrumen investasi memiliki resiko yang harus dipahami sebelum pengambilan keputusan.
Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang timbul dari tindakan membeli atau menjual instrumen investasi. Rencanakan investasi/trading anda dengan baik dan dengan kesadaran penuh serta Tanggung Jawab pribadi. Keputusan anda adalah tanggung jawab anda sendiri.
Semua isi dari blog ini baik berupa tulisan, data, suara, kata – kata, text, kalimat, grafik, chart, percakapan, bukan merupakan suatu ajakan untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi. SETIAP KEPUTUSAN INVESTASI MENJADI TANGGUNG JAWAB PIHAK PEMILIK INVESTASI ATAU PEMILIK MODAL.

semoga bermanfaat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 − 47 =