April 19, 2018

Welcome to my journey

Catatan Akhir Tahun 2017

tahun

Menjelang pergantian tahun 2017, biasanya ada catatan-catatan atau kilas balik perjalanan. Tidak terkecuali dengan saya, mungkin saya bisa merangkum sebagian kecil perjalanan sebagai berikut :

Awal awal tahun 2017, bermunculan banyak sekali di grup media sosial yang menawarkan sinyal jual-beli. Perkembangan sistem teknologi yang semakin canggih membuat bermunculan platform-platform media sosial, salah satunya adalah telegram, dimana kita lebih menjadi terkoneksi dan dengan demikian informasi menjadi mudah sekali didapatkan.  Akan tetapi dengan banyak sekali informasi yang didapatkan, dibandingkan ketika jaman saya dulu dimana saya kesulitan mendapatkan akses berita maupun informasi yang saya butuhkan. Tetapi sekarang ini sudah mudah sekali mendapatkan akses baik dari situs bei.com atau dari stockbit.

Seiring banyaknya informasi, kita harus berhati-hati dalam menerima informasi, banyaknya chat dan informasi membuat banyak sekali kebisingan dan kebisingan itu bisa membuat anda untung atau buntung. Hanya anda sendiri yang mampu melakukan sortiran tersebut.

Pada awal-awal tahun juga saya mendapatkan beberapa kesempatan bagus untuk belajar mengenai CA (corporate action) berhubung banyak perusahaan yang melakukan aksi tersebut. Ada yang untung besar ada yang harus gigit jari tetapi sebenarnya dapat diprediksi arah pergerakannya.

Pelajaran resiko.

Saya mendapatkan kesempatan untuk belajar mengenali resiko dan mempelajarinya. Maksud dari mempelajarinya adalah saya jadi tahu bagaimana tindak tanduk saya terhadap resiko, bagaimana perasaan saya mengenai resiko, apa yang harus saya lakukan terhadap resiko yang akan saya terima.

Penerimaan terhadap resiko ini serta tindakan apa yang selanjutnya harus saya lakukan menentukan sikap dan strategi trading saya. Dan selama tahun 2017 teman trading saya datang dan pergi, banyak yang dari mereka berpikir bahwa trading itu mudah. Kenyataannya memang mudah, gampang tinggal daftar, isi formulir dan dalam beberapa hari sudah ada rekening dana investor dan anda bisa setor dana.

Ketika anda rugi maka anda baru menyadari bahwa ternyata tidak semudah itu, tapi kalau sedang untung ya saya ucapkan turut berbahagia. Euforia ketika mampu mendapatkan keuntungan tidak akan bisa mengalahkan kerugian yang kita derita, dan parahnya apabila kerugian tersebut mengerus psikologi anda maka mental anda sudah pasti terganggu sehingga walaupun kita untung maka kita harus merasakan keuntungan 3x lipat lebih besar ketimbang waktu kita rugi hanya supaya kita merasa impas (trading psychology book).

Cari benar atau cari profit.

Tantangan yang saya temui selama ini adalah kebanyakan analis atau trader pemula selalu mencari yang paling benar untuk bisa entri dalam saham atau instrumen keuangan lainnya. Setiap kali saya melakukan analisa (mengerjakan pekerjaan rumah / pr) dianggap bahwa itu sudah yang paling benar dan celakanya ketika salah maka dijadikan bukti bahwa analisa saya tidak benar / salah, secara umum saya sudah menjelaskan dan memberitahu bahwa analisa hanyalah analisa bukan soal siapa yang benar atau salah. Yang penting adalah ketika benar atau salah apakah anda mendapatkan keuntungan atau kerugian? Kecuali anda sedang belajar untuk mendapatkan nilai 100 di sekolah (jadi ini sarkasme jika kalau saya sering kali ditanya sedang apa dan saya bilang sedang kerjakan pr).

Saya tidak peduli apakah saya benar atau salah, yang saya pedulikan adalah apakah strategi saya, bagaimana titik entri, exit dan tindakan selanjutnya yang harus saya lakukan ketika A berubah menjadi B, C, D, E dan seterusnya. Sebagai contoh adalah beberapa kali saya mengikuti CA (corporate action) dan setiap kali ikut CA, saya menemukan berbagai macam strategi yang berbeda.

Ada yang ketika hari cum nya induknya dibawa ke harga tinggi, ketika ex-date langsung dibanting. Posisi ketika hari perdagangan harga juga menjadi 1 perak alias tidak laku, tidak ada yang mau beli. Ada juga hari cum nya biasa-biasa saja, ex date biasa-biasa saja, hari perdagangannya langsung dibanting. Ada juga yang cum biasa saja, ex date turun, tetapi hari perdagangannya naik. Bahkan ada juga ga terdengar kabar tapi tiba-tiba hari terakhir perdagangan langsung melonjak naik, semua itu butuh strategi yang berbeda dan menarik sekali.

Belum lagi tahun 2017 ada belasan perusahan yang melantai di bursa, mulai dari anak perusahaan BUMN hingga perusahaan tertentu yang saya sendiri juga belum tahu apa isinya. Menariknya adalah ada yang diberikan berbagai macam berita yang luar biasa tetapi harga hanya bergerak mendatar, bahkan bisa turun cukup dalam (saya sendiri juga kena cut loss). Ada juga perusahaan yang tidak terdengar sama sekali ternyata setiap hari ARA (auto reject atas), dan walaupun terlihat ara tetapi likuiditas volume terbatas sehingga sulit untuk bisa dibeli.

Merasa paling benar.

Selama ini saya selalu berpikir bagaimana caranya merubah pandangan bahwa kita di pasar modal sebisa mungkin jangan merasa paling benar dan mau menang sendiri. Tetapi saya selalu sulit bukan karena tidak bisa tetapi memang sifat dasar ego manusia. Saya tidak akan pernah bisa melawan market, market akan selalu benar. Itulah dasar pemahaman yang saya ketahui, saya hanya bisa berusaha sebisa dan sebaik mungkin melakukan “pekerjaan rumah” saya.

Khusus di tahun 2017 ini saya benar-benar memperdalam semua strategi yang dulunya pernah saya pelajari. Memperdalam dalam arti benar-benar saya coba semuanya mulai dari semua indikator yang ada di sekuritas maupun yang ada di website lainnya. Kemudian juga dari hasil beberapa ciptaan dari programmer. Pada satu titik saya sudah hampir menyerah (dalam arti sesungguhnya) dalam pencarian sistem yang cocok dengan saya.

Sampai pada satu titik dimana ternyata kecocokan itu berhubungan bukan hanya pada gaya trading tetapi hampir berhubungan dengan keseharian saya. Dan ternyata saya jadi berpikir bahwa saya perlu beberapa gaya trading yang dapat saya sesuaikan dengan keseharian saya. Sehingga ketika saya sedang sibuk maka saya dapat menggunakan strategi yang tidak membutuhkan kehadiran saya atau strategi yang bisa saya gunakan ketika saya bisa berada di depan laptop. Dan semua itu semua tertuang pada harga itu sendiri.

Menjelang akhir tahun ada berita tentang cryptocurrency sehingga banyak yang mulai bermain, di satu sisi saya mengkhawatirkan karena banyaknya orang-orang yang langsung memasukkan dana untuk mencoba dan merasakan keuntungan, bahkan paling ekstrimnya ada yang menelepon menanyakan bagaimana cara memilih broker di mata uang digital (cukup ekstrim karena kenalnya cuma di tele). Di sisi lainnya saya cukup positif bahwa mereka mungkin akan belajar bagaimana melakukan trading walaupun mungkin masih panjang untuk mendalaminya.

Have a blessed year 2017 and welcome 2018.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

80 + = 86