Macam-Macam Stop Loss – Bagian 1 – Educate Yourself

STOP-LOSS

selamat malam, kali ini saya akan membagikan artikel mengenai berbagai macam stop loss (penghentian kerugian). tentunya bagi para trader tentunya tahu bahwa stop loss itu sudah pasti wajib. akan tetapi ada berapa macam sih jenis stop loss? oleh karena itu mari kita bahas satu persatu, (perhatian stop loss tentunya tidak dapat dipisahkan dari money management yang layak akan tetapi demi penyederhanaan maka saya hanya membahas satu sisi saja dimana sebaiknya stop loss ini juga harus memperhitungkan resiko dan imbal hasil serta manajemen portofolio yang baik.)

  1. Stop Loss Persentase (SL %), dimana titik stop loss kita menggunakan persentase sebagai titik keluar kita, sebagai contoh misal kita entri saham ABCD di harga 1,000, stop loss kita tetapkan 5% maka ketika harga turun 950, otomatis kita harus keluar.
  2. Stop Loss Nilai (SL Rp), dimana titik stop loss menggunakan nilai rupiah yang sanggup kita tanggung, sebagai contoh jika kita sanggup sebesar Rp. 100,000 maka ketika saham anda bergerak turun dan nilai rupiahnya mencapai angka minus Rp. 100,000.- maka anda keluar dari trade itu.
  3. Stop Loss berdasarkan indikator, stop loss indikator ini maksudnya adalah menyesuaikan dengan jenis indikator yang anda gunakan. misal menggunakan Garis Moving Average sebagai panduan untuk acuan stop loss. area yang dilingkari merupakan area titik stop loss bagi sebagian trader, biasanya mereka berasumsi bahwa harga akan turun. ada beberapa indikator lainnya tetapi demi kesederhanaan (karena ini akan masuk di artikel newbie, maka saya bahas sesederhana mungkin)
    area inamasih ada banyak lagi indikator yang bisa digunakan untuk menentukan stop loss, masalahnya kebanyakan trader mau cari yang paling manjur atau paling top, 1 jenis indikator yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah stop loss ini.
  4. Stop Loss Mental ,  stop loss yang ada di pikiran si trader, jadi trader sudah punya bayangan bahwa area yang harus dia keluar. biasanya trader tersebut sudah punya pengalaman atau bayangan bagaimana perilaku harga pada saham tertentu.
  5. Stop Loss berdasarkan Sistem Trading, ini digunakan oleh trader yang menggunakan trading sistem yang diciptakan oleh trader itu sesuai dengan profil si trader, maksudnya begini, terkadang trader menciptakan atau menggabungkan beberapa indikator untuk digunakan dalam kegiatan tradingnya dan karena ada banyak sekali sinyal atau indikator maka biasanya sistem trading akan membantu menfilter untuk menentukan titik keluar. saya tidak bisa menampilkan trading sistem karena tidak semua trader sama dalam menciptakan trading sistem tetapi yang saya tahu biasanya adalah menentukan target loss atau percentase atau bahkan ketika posisi saham sudah mulai berubah arah.

bagian selanjutnya mungkin akan lebih spesifik dan sedikit lebih lama karena keterbatasan waktu dan dalamnya materi nantinya.

semoga bermanfaat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

44 + = 46