September 25, 2017

Select your Top Menu from wp menus

Sistem trading yang konsisten

setup

Begitulah judul kira-kira dari sebuah buku dari seorang full time trader (and I think is a great book also). Tidak ada masalah dengan judul itu maupun dengan penulisnya ya, soalnya cerita saya mengenai yang saya alami ketika ditanya bagaimana membuat sistem trading.

Biasanya umumnya adalah ada serangkaian aturan yang dibuat dan diatur menurut yang sudah dipelajari. Bagi beberapa ada yang masih bingung atau belum tahu dan biasanya bagi yang belum paham maka akan menggunakan sistem trading orang lain atau meniru sistem trading pihak lain.

Yang saya alami lebih lucu sih (menurut saya), ada yang nanya minta sistem trading terbaik, yang tahan segala cuaca. Jelas saya bukan orang yang tepat, waktu saya bilang “waduh saya ga punya sistem trading yang terbaik”. Saya kena komplain, katanya sudah trading lama pasti sudah punya sistem trading terbaik. Saya bilang “ saya ga punya sistem terbaik, Cuma punya sistem yang cocok buat saya”.

Ada lagi yang mau niru sama persis sistem trading yang saya buat, awalnya sih ngasih aja, meng atas-namakan berbagi. tapi sistem saya ternyata berbeda gaya tradingnya. Waktu dulu sih saya belum paham, sampai akhirnya saya bingung waktu ditanya terus tiap hari beli-jual apa, kalau sistem nya tidak memunculkan ada konfirmasi maka ya sudah tidak ada yang harus dilakukan, just sit and watch the market.

Yang lebih kamfr*t lagi, teman saya mengharapkan SP (stock pick) dari saya, bilangnya itu sistem tradingnya dia, canggih tapi kurang ajar Cuma bagi saya itu Cuma setup saja belum masuk inti dari sebuah sistem trading, haha.. ya ga Cuma saya aja sih, ternyata dia juga tanya-tanya ke yang lain juga. Tapi dengan itu dia sukses dengan cara dia (jangan ditiru ya).

Jadi membuat sistem trading itu seperti apa ya? Sistem trading yang sederhana itu sih sebenarnya aturan / rule yang kita buat bukan hanya sinyal jual dan beli tetapi berdasarkan aturan aturan yang dibuat dari kita terhadap pasar, secara sederhana kalau bahasa program, kalau X maka Y, input nya kita masukin terlebih dahulu apa yang kita mau, akan tetapi karena sebuah sistem maka belum tentu sesederhana itu tetapi mendekatilah.

Selamat akhir pekan.. oh besok sudah senin. Hehe..

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

45 + = 54