g Belajar Saham - Tingkat Dasar | Trend Following

June 20, 2019

Welcome to my journey

Belajar Saham | Tingkat Dasar – Seri Literasi Keuangan

idx

Beberapa email yang masuk ke saya menanyakan beberapa pertanyaan yang sebenarnya kurang lebih sama dengan yang ditanyakan oleh yang lainnya. Berikut pertanyaan bersama dengan jawaban yang bisa saya berikan setelah beberapa kali Tanya jawab, tentunya ada hal-hal yang terlalu pribadi yang tidak dapat saya bagikan tidak akan muncul di artikel ini. Jadi mari kita mulai.

Q (Question): bagaimana memulai untuk belajar saham?

A (Answer) : yang pertama bisa dimulai dengan membeli buku, ada banyak sekali buku-buku yang sekarang tersedia di toko buku sehingga bisa memulai dengan mencari buku yang cocok gaya bahasa dan cara penyampaiannya. Bagi yang masih belum mau membeli anda bisa mencari di perpustakaan terdekat untuk mencari buku-buku mengenai pasar modal.

Yang kedua adalah dengan mengikuti forum, saat ini ada banyak sekali forum-forum yang tersedia, ada yang gratis ada pula yang berbayar. silakan cari yang cocok karena ada banyak sekali forum maka diharapkan untuk menjaga kesantunan dan kesopanan antara member yang satu dengan yang lainnya. Atau juga membaca di laman-laman yang ada secara daring (online) seperti di laman ini atau di laman lainnya. Berikut adalah daftar-daftar referensi yang saya baca untuk menambah informasi.

http://bei5000.com/fsocial/
http://juruscuan.com/
http:/
/www.svta.co.id/
http://www.syariahsaham.com/
sisanya anda klik di link berikut ini ya, di paragraf terakhir ada daftar link halaman website yang bisa anda pelajari https://www.hendykarsito.com/portofolio-diskusi-dan-sharing-dengan-teman/

Yang ketiga mengikuti seminar atau workshop dimana anda dapat belajar langsung kepada para trainer yang mau membagi ilmu yang didapat. Ada banyak sekali dan anda bisa ikuti atau hadiri, cari yang paling cocok adalah kata kuncinya karena tidak semua akan sesuai dengan diri kita sendiri. Kenapa? Karena seperti yang diketahui setiap orang adalah unik dan berbeda dan karena itu butuh proses pengalaman yang cukup untuk menjalani ini.

Yang keempat dengan mengikuti sistem trading yang sudah dimiliki oleh orang lain (istilah lain adalah rekomendasi berbayar), sekali lagi jika anda tidak mau repot maka anda bisa melakukan hal itu. Konsekuensinya adalah anda tidak mau repot sehingga lebih baik menyerahkan kepada layanan tersebut yang berarti sebenarnya anda mempersingkat waktu belajar anda, tetapi tidak mendalami apa yang anda pelajari.

Q : apakah ada jaminan setelah mengikuti itu saya dapat sukses?

A : tidak ada jaminan, justru harus hati-hati dengan yang memberikan jaminan kenapa? Karena kita tidak akan pernah tahu pasar akan bergerak kemana, bagi pemula adalah hal yang lumrah tergiur dengan potensi keuntungan yang ditawarkan di saham. Tetapi juga harus dimengerti dan dipahami bahwa semua juga ada resikonya, belajar lah mengatur resiko sehingga anda dapat mempunyai nafas yang panjang di pasar modal ini. Karena belajar tidak akan pernah ada habisnya.

Q : saya diberikan bukti-bukti dan contoh-contoh cara-cara jitu yang langsung profit apakah boleh dicoba?

A : tidak ada larangan, sekali lagi jika ingin mencobanya maka silakan tetapi harap diingat usahakan anda melihat resiko dan imbal hasil terlebih dahulu ketimbang untung – rugi, karena apabila suatu ketika mendapatkan untung yang lumayan di saham tertentu, kita  condong untuk mengambil posisi lebih besar karena merasa percaya diri telah menemukan cara yang jitu. Akan tetapi akan tiba saatnya dimana cara tersebut mungkin sudah tidak sesuai lagi sehingga dapat membuat kita keluar dari pasar modal karena kehabisan dana.

Q : apakah ada referensi dimana rekomendasi atau ilmu yang dapat menjamin saya dapat sukses di pasar modal?

A : mohon maaf, sekali lagi jawabannya tidak ada jaminan. Karena setiap rekomendasi atau seminar atau workshop akan selalu menawarkan cara yang sudah di uji oleh si pemberi materi sehingga hal itu kembali ke cara / gaya trading masing-masing orang. Ada yang suka dengan fundamental sehingga akan bertindak menurut fundamental sedangkan ada yang suka teknikal sehingga akan bertindak sesuai apa yang ditampilkan di teknikal dan biasanya di area teknikal ada banyak sekali workshop silakan tentukan sendiri.

Mengapa? Karena di setiap workshop atau seminar atau rekomendasi pun banyak orang sukses dan berhasil tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga yang kurang cocok sehingga yang bisa menentukan adalah anda sendiri apakah rekomendasi, seminar atau workshop tersebut cocok untuk anda atau tidak. Berikan waktu pada diri anda sendiri untuk mau memulai, tidak ada kata terlambat untuk mencoba.

Q : mengapa selalu menekankan resiko, ketimbang untung, justru kita mau cari untung di pasar modal ini?

A : Karena secara pengalaman, saya pribadi pun masih bisa salah dan masih bisa rugi di pasar modal apabila semua analisa saya tidak tepat (biasanya banyak terjadi karena masalah psikologi juga). Akan tetapi yang membuat tetap bisa bertahan adalah cara saya mengatur resiko, untuk mengetahui bagaimana cara saya dan dari beberapa kolega / mentor yang bersedia membagi kepada saya silakan klik link berikut untuk referensi manajemen resiko.

Q : saya tidak punya waktu tetapi saya ingin mencoba langsung terjun di pasar modal?

A : saran saya atur waktu dengan memberikan proposi waktu yang cukup untuk belajar terlebih dahulu. Semua perlu waktu dan proses untuk belajar, seperti anak bayi yang ingin belajar berdiri, mereka akan berusaha berdiri sekian ratus kali baru bisa berdiri dengan kokoh. Kita pun demikian, gunakan waktu sebagai sahabat kita dan bukannya sebagai musuh kita. atau jika tidak ada waktu, mungkin alternatif reksa dana juga bisa anda pertimbangkan.

Q : berapa dana yang harus saya siapkan untuk memulai?

A : kalau berdasarkan sekuritas tertentu sebenarnya dengan uang Rp. 100,000 sudah mampu membuka sebuah akun, akan tetapi kalau untuk masalah memulai, harus di lihat dari kesiapan anda. Bagi pemula itu berarti dana yang disiapkan berapa untuk memulai perjalanan di pasar modal. Bagi sebagian orang 5 juta sudah besar, tetapi bagi sebagian orang 50 juta pun masih kurang, karena tingkat persiapan modal mereka berbeda-beda satu sama lain.

Saya bisa memberikan sebuah tips bahwa untuk memulai adalah modal yang siap anda gunakan dan tidak terpengaruh pada kebutuhan hidup anda. Untuk awal-awal jangan menganggap trading ini sebagai sumber penghasilan melainkan sebuah kursus untuk mencari kecocokan antara gaya trading anda di pasar modal. Dan sekali lagi semua perlu waktu

Q : boleh kah saya langsung masuk terjun ke pasar modal tanpa mengikuti semua diatas?

A : boleh saja, sah saja. Kadang diperlukan langkah pertama untuk memulai, selanjutnya biarkan waktu yang berjalan dan melihat bagaimana anda berproses di dalam bidang pasar modal ini. Hanya sekali lagi diingatkan, anggap ini sementara sebagai pelajaran sebelum anda menjadikan sebagai salah satu bentuk penghasilan. Dan memang seperti banyak usaha lainnya, awal-awalnya mereka perlu perjuangan dulu, butuh waktu dan proses. Ada orang yang membaca buku, forum, ikut seminar dan workshop baru merasa percaya diri untuk masuk, ada juga yang langsung masuk tanpa informasi dari buku, forum, seminar atau workshop. Bedanya Cuma berangkat darimana kita sebenarnya, titik tolak kita berangkat dari mana.

Q : ada saran atau tips untuk pemula?

A : -. selalu belajar menambah ilmu, karena ilmu tidak ada habisnya.

-. Percaya pada diri sendiri, kalau anda salah anda bisa koreksi terhadap diri sendiri.

-. Selalu perhatikan resiko – imbal hasil ketimbang untung – rugi, ini dapat menyelamatkan modal anda dan membuat anda tetap berada di dalam pasar, tentunya kepercayaan diri anda juga tetap terjaga, bayangkan kalau loss besar, anda bisa putus asa atau kehilangan kepercayaan diri anda.

-. Lakukan pekerjaan rumah anda. Terutama jika anda berada di forum-forum, orang bisa saja memberikan sebuah rekomendasi dan langsung post di forum akan tetapi tetap anda melakukan analisa dan apabila ternyata analisa anda tidak sesuai maka lihat poin berikutnya yaitu…

-. Ingat cari untung bukan cari ribut, analisa sehebat apapun toh tetap yang dipakai adalah uang anda, sehingga anda tidak perlu mencari kebenaran atas analisanya, yang penting modal anda selamat dan bisa untung. Untung dan rugi hanya anda dan tuhan yang tahu (sekuritas juga tahu sih karena anda buka di tempat mereka, hehe), yang lain belum tentu tahu.

-. Ambil waktu sejenak apabila keadaan tidak sesuai yang anda harapkan, istirahat kan diri anda dengan mungkin membaca buku atau sekadar refreshing. Ada hal yang penting selain harus terus menerus di pasar modal yaitu keluarga anda, ajak main, bawa liburan atau sekadar jalan-jalan dikota anda. Setelah merasa segar, anda boleh kembali dan …

-. Evaluasi keadaan anda. Saya paling kurang suka atau kurang nyaman kalau disuruh membandingkan dengan orang lain, paling tersinggung juga kalau di bandingkan dengan pencapaian orang lain. Kenapa? Karena saya dan orang lain mempunyai titik yang berbeda dalam memulai. Kalau anda mau membandingkan, bandingkan dengan diri anda sendiri, sudah menjadi lebih baik kah diri anda ketimbang diri anda sebelumnya. Pencapaian yang saya lakukan tahun lalu di bandingkan dengan tahun ini bagaimana? Lalu apa yang harus saya perbuat supaya saya dapat menjadi lebih baik lagi.

-. Jangan lupa untuk selalu berbagi, saat ini indonesia masih sedikit sekali yang melek investasi, yang mengerti pasar modal saja masih 1 % dibandingkan total jumlah penduduk Indonesia, artinya informasi yang didapatkan juga masih sangat terbatas. Anda bisa berbagi dengan berbagi informasi di forum, menyumbang buku atau mengadakan pelatihan atau sekadar berbagi baik di sekolahan, perpustakaan atau kampus. Jangan takut kehilangan ilmu, siapa yang menanam itu juga yang menuai.  Sekali-kali boleh adakan bakti sosial bersama para traders, kan keren juga (masih dalam mimpi bagi saya). komunitas forex saja sudah ada yang adakan bakti sosial, saya heran kenapa komunitas trader saham kok tidak ada atau belum pernah saya temui. Kan tidak mesti selalu cari untung, kalau dapat untung yang berbagi, kalau belum untung ya sumbang tenaga juga bisa. Intinya kita berbuat baik demi perbuatan baik itu sendiri.

demikian yang dapat saya bagikan semoga dapat membantu bagi yang ingin mencoba memulai di saham. semua perlu waktu dan proses.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Segala tulisan yang ada di atas ini merupakan hasil riset pribadi dan tidak dimaksudkan sebagai suatu anjuran atau saran untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi (saham, forex, dll). Investor (pemilik investasi) maupun trader harus menyadari resiko tindakannya. Segala keputusan dalam membeli atau menjual suatu instrumen investasi memiliki resiko yang harus dipahami sebelum pengambilan keputusan.
Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang yang timbul dari tindakan membeli atau menjual instrumen investasi. Rencanakan investasi/trading anda dengan baik dan dengan kesadaran penuh serta Tanggung Jawab pribadi. Keputusan anda adalah tanggung jawab anda sendiri.
Semua isi dari blog ini baik berupa tulisan, data, suara, kata – kata, text, kalimat, grafik, chart, percakapan, bukan merupakan suatu ajakan untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi. SETIAP KEPUTUSAN INVESTASI MENJADI TANGGUNG JAWAB PIHAK PEMILIK INVESTASI ATAU PEMILIK MODAL.

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =