g Hajar Kanan | Trend Following

March 19, 2019

Welcome to my journey

Hajar kanan

hanya ilustrasi

Begitulah yang saya dengar dari forum-forum, tidak hanya satu atau dua. Banyak sekali, kalau bisa dibilang dulu saya juga termasuk yang tergiur untuk ikut demikian, bukan hanya satu tetapi beberapa kali juga dan setiap kali saya masuk tetap saja saya kecele alias bukannya untung malah rugi. Setelah itu siapa yang kita salahkan? Ya kita sendiri, kenapa harus ikut demikian?

Tapi masalahnya kebanyakan orang jarang yang seperti itu, biasanya karena emosi atau karena perasaan marah, malu malah berbalik menyerang orang yang menghembuskan atau yang mengetik kata-kata itu di forum, memang kata-kata itu gratis dan bebas untuk mengemukakan pendapat,  yang kadang lupa adalah bebas mengemukakan pendapat dan bertanggung jawab, tapi ya itu masalah di luar bukan di dalam kita.

Yang perlu kita lakukan adalah mawas diri ketimbang menyalahkan orang lain. Lagipula itu adalah uang anda dan anda seharusnya tidak mempercayai apa kata orang sebelum anda membuktikannya sendiri. Yang sering saya temui adalah bahwa mereka takut ketinggalan kereta atau tidak tahu harus masuk darimana seperti artikel sebelumnya mengenai entri terbaik. Oleh karena itu seandainya kalau ada yang demikian lagi, tugas anda hanyalah menentukan apakah itu layak atau tidak, berdasarkan analisa anda bukan FA (Feeling Analisis) atau TA (Tebak Analisis).

Loh kalau saya belum tahu apa-apa atau masih ragu gimana dunk? Masuk dengan lot kecil saja, jadi ketika salah juga tidak terlalu besar ruginya.

Saya kalau bisa jangan rugi pak, gimana dunk? Jangan masuk ke saham, kalau begitu sebaiknya cari instrument yang lebih aman lagi seperti tabungan atau deposito yang di jamin oleh LPS. Setiap bisnis tentunya mempunyai resiko, resiko itu bisa rugi uang atau rugi waktu. Rugi waktu itu kalau analisa kita sudah benar tetapi harganya ga mau naik-naik alias di situ-situ saja. Sedangkan rugi uang yah karena analisa kita salah atau juga dengar-dengar dari orang, forum, bisikan teman dan sebagainya.

Memang sampai saat ini artikel yang saya bahas selalu soal rugi uang, belum pernah membahas rugi waktu. Belum ya, belum sempat nulis hehe.

Kesimpulannya adalah kalau anda yakin dengan orang itu anda bisa ikut hajar kanan, tetapi bagi orang awam atau yang baru pertama kali di saham, sebaiknya hindari dulu, pun kalau mau ikut coba lah dengan lot terbatas.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Segala tulisan yang ada di atas ini merupakan hasil riset pribadi dan tidak dimaksudkan sebagai suatu anjuran atau saran untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi (saham, forex, dll). Investor (pemilik investasi) maupun trader harus menyadari resiko tindakannya. Segala keputusan dalam membeli atau menjual suatu instrumen investasi memiliki resiko yang harus dipahami sebelum pengambilan keputusan.
Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang yang timbul dari tindakan membeli atau menjual instrumen investasi. Rencanakan investasi/trading anda dengan baik dan dengan kesadaran penuh serta Tanggung Jawab pribadi. Keputusan anda adalah tanggung jawab anda sendiri.
Semua isi dari blog ini baik berupa tulisan, data, suara, kata – kata, text, kalimat, grafik, chart, percakapan, bukan merupakan suatu ajakan untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi. SETIAP KEPUTUSAN INVESTASI MENJADI TANGGUNG JAWAB PIHAK PEMILIK INVESTASI ATAU PEMILIK MODAL.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

75 + = 81