g Kamu trading apa hari ini? | Trend Following

January 18, 2019

Welcome to my journey

Kamu trading apa hari ini?

ini kalimat lama-lama menyeramkan buat saya. kenapa begitu? kalau di grup atau komunitas saya anggap biasa saja, sudah terlalu banyak soalnya seperti ini dan saya juga tidak begitu terganggu. tetapi karena ada bunyi pesan pribadi yang hampir setiap hari bertanya apa yang saya tradingkan dan sudah saya jawab kalau saya tidak trading setiap hari tetap saja orang ini selalu muncul dan bertanya terus, coba lihat saja screenshot dibawah ini.

TELEgram-1

coba lihat, katanya tidak tik tok nih tapi tulisan dibawah lain lagi jawabannya.

TELEgram-2

“kalau ga bisa jual hari yang sama biasa weekly” (bingung saya sama kalimat itu, jadi kalau ga bisa jual trus di hold sampai mingguan?). kira-kira kalau jual hari yang sama dan “tik tok” itu harian atau bukan?

saya bingung maksud orang ini apa, butuh pengakuan? butuh diselamatin? entah apa yang dicari tetapi saya cuma bisa mengucapkan selamat saja. kalau yang saya tangkap memancing saya supaya bisa bertanya “wuih kamu hebat dan gimana caranya terus nanti disuruh ikut grupnya dia terus nanti ada grup premium dimana kita mesti bayar untuk rekomendasi yang lebih jitu”.

begini, hal seperti ini saya sudah alami sejak dulu (kebetulan saja sekarang ada banyak media sosial), seolah-olah ada cara singkat dan instan dengan memberikan rekomendasi dengan maksud ingin membantu orang lain supaya berhasil dalam trading tanpa harus bersusah payah melakukan pekerjaan rumah (analisa, melakukan trading plan dan sebagainya) dan anda tinggal beli saja rekomendasi dan dipastikan anda juga dapat ikut menikmati keuntungan yang diberikan pasar, benarkah demikian?.

sebenarnya kalau mau mengambil rekomendasi sama saja seperti anda mau berbisnis lalu anda tidak mau repot hingga anda beli franchise-nya karena semua sistem dan SOP (standar operating procedure) sudah disiapkan. hanya satu pesan saya untuk anda pertimbangkan baik-baik, tidak semua franchise itu juga menguntungkan loh dan belum tentu biaya franchise itu murah.

saya jadi ingat perbincangan salah satu semi-trader investor yang saya kenal yang mengatakan kalau mereka punya sebuah sistem yang canggih, tentunya mereka akan gunakan sendiri untuk kepentingan mereka sendiri. buat saya, kembali lagi kalau anda butuh seperti itu silakan akan tetapi konsekuensinya adalah waktu yang anda butuhkan untuk mengenal pasar akan semakin lama karena anda hanya mau hasil dari rekomendasi saja.

salah satu mindset keliru adalah mengenai ketinggalan peluang, seolah-olah kita itu seperti di giring ke pola pikir takut kehabisan. seperti barang bagus yang langsung habis direbut orang kalau kita tidak cepat-cepat masuk. saya katakan dan berani saya jamin bahwa peluang itu akan selalu ada di pasar, anda jangan takut ketinggalan. jangan tergiur atas rekomendasi atau ajakan orang yang hasil analisa atau kredibilitasnya masih dipertanyakan. coba pikir begini, hasil ikut rekomendasi orang kalau profit sih tidak masalah (walaupun solusi singkat seperti itu tidak menyelesaikan masalah jangka panjang) tapi kalau rugi / terkena stop loss bagaimana? anda sudah bayar dan kemudian pun hasil rekomendasi tidak sesuai harapan. jadinya apa? jadinya sudah keluar duit ditambah mentalitas menyalahkan pihak lain, anda juga tidak tahu apa dasar stop loss atau aturan trading yang diterapkan si rekomendator untuk keluar dari posisi dalam keadaan rugi.

coba bandingkan dengan pola pikir seperti ini : hasil analisa sendiri ketika sesuai maka anda profit, anda merasakan perasaan menyenangkan sekali karena hasil-nya benar-benar berasal dari kemampuan analisa anda sendiri, ketika tidak sesuai rencana anda maka anda akan me-review ulang hasil analisa dan memperbaiki sehingga menjadi lebih baik lagi dikemudian hari. semakin hari anda semakin berkembang dan mempertajam analisa anda yang membuat anda menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi pasar.

anda terus belajar karena benar-benar untuk membekali diri anda sendiri supaya anda dapat mandiri dan siap dengan segala kondisi ketika melakukan transaksi. anda tidak mencari profit melainkan membiarkan profit itu datang kepada anda. bukankah hal itu luar biasa? mindset demikian akan sangat membantu sebagai benteng pertahanan ketika kita sedang mengalami atau menghadapi masa-masa sulit pada perjalanan trading kita.

kemungkinan besar tidak lama lagi orang ini akan saya block kalau seperti ini terus menerus, terlalu menganggu, ada banyak sekali cara trading selain harian, anda juga tidak perlu tiap hari duduk didepan monitor dan memandang monitor terus menerus. yang paling penting itu bukan strategi mana yang paling jitu, paling tepat dan paling lainnya tetapi strategi dan trading plan mana yang paling cocok dengan karakter dan gaya anda.

semoga bermanfaat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 9