g Kepercayaan modal awal berbisnis | Trend Following

June 20, 2019

Welcome to my journey

Kepercayaan modal awal berbisnis

business hand shake

Sebelumnya mungkin harus membaca artikel sebelumnya mengenai bisnis itu usahakan memakai akal sehat. Kali ini saya ingin membahas juga mengenai principal dari sebuah produk yang cukup terkenal, kebetulan dia memegang area Kalimantan. Setelah bertemu dan berbincang akhirnya saya diberikan kesempatan untuk mencoba mendapatkan harga yang terbaik dari principal tersebut asal saya memberikan penawaran harga tersebut lewat beliau.

Kemudian setelah saya mendapatkan penawaran maka saya akan meneruskan kepada principal tersebut. Nah karena saya percaya bahwa tentunya dari pabrik tentunya akan memberikan penawaran terbaik kepada principal atau distributor yang ditunjuk untuk menjaga rantai distribusi tentunya saya percaya bahwa principal tersebut dapat memberikan harga terbaik.

Ketika pertama kali ikut tender, ternyata harga saya menjadi luar biasa mahal mendapatkan harga sekitar 80% lebih mahal. Kenapa saya tahu, ya jelas tahu kan tender terbuka jadinya saya bisa lihat harga orang lain bisa lebih murah ketimbang punya saya. ya jelaslah saya diketawain masukin harga menjadi tidak masuk akal. Harga modal saya saja masih jauh dibandingkan pesaing saya.

Hal itu terjadi beberapa bulan yang lalu (hampir setahunan) dan setelah itu saya tidak berkomunikasi lagi dengan principal tersebut, bagaimana dengan produknya? Ya saya cari di perwakilan lain dan diluar kota, hasilnya ya jelas lebih murah dan kita terus mendapatkan orderan karena harga kita bagus dan bersaing.

Hal yang menarik adalah bagaimana setelah itu staff saya mendapatkan panggilan dari dia bahwa dia adalah principal di area Kalimantan dan mengambil dari tempat lain adalah kesalahan dan itu dapat diblokir oleh dia dan sebaiknya kita jangan macam-macam karena pabrik pasti mendukung dia.

Saya dan staff saya sama sekali tidak menghiraukan apa yang dia katakan (kalau staff saya bilang sedikit mengancam), saya bilang tidak usah hiraukan kita sama sekali tidak salah juga, karena dari awal dia sudah menyalahgunakan wewenang dia dengan mengatur harga semau-maunya dia hanya karena dia merupakan perwakilan di Kalimantan (terlihat dari bagaimana tender saya bisa kalah dari competitor saya, bahkan dengan harga modal dari dia pun saya masih kalah).

Logika sederhana saja, bagaimana kita bisa menang melawan yang lain kalau harga nya sendiri sudah di tambah secara tidak masuk akal. Perusahaan tentunya akan mencoba membandingkan harga dengan beberapa sumber yang berbeda dan bukannya hanya percaya bahwa dia dapat dukungan dari pabrik (sederhananya kalau dapat dukungan dari pabrik tentunya harga nya lebih bersaing atau murah)

Beberapa saat yang lalu orang itu menelepon saya dan sekadar berbasa-basi menanyakan kabar. Hal yang menarik adalah dia menanyakan bagaimana saya bisa mendapatkan harga yang bagus untuk beberapa pekerjaan dan darimana saya mendapatkannya. Tentunya saya tidak memberitahukannya, buat apa, tidak ada gunanya juga kan dan sudah bukan urusan saya lagi.

Never-trust

Kepercayaan itu penting tetapi kalau anda merusaknya, ya sudah jelas kita sudah tidak dapat bekerja sama lagi. Ada pepatah yang mengatakan bahwa untuk menjaga nama baik diperlukan waktu bertahun-tahun tetapi untuk merusaknya diperlukan waktu sebentar saja.

Semoga bermanfaat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

86 + = 88