g LPPF | Membatasi Resiko Rugi | Trend Following

March 19, 2019

Welcome to my journey

LPPF – Membatasi Resiko rugi – Part 1

http://www.thediligentadvisor.com/wp-content/uploads/2014/01/158005187.jpg

hello, lama tak bersuara. mohon maaf saya sedikit repot mengurusi beberapa pekerjaan.

kali ini saya sharing apakah saya pernah rugi? jelas pernah, tidak ada yang sempurna. bagaimana cara saya membatas kerugian? seperti yang pernah saya sharingkan dengan Tawon, ada beberapa cara tetapi cara paling sederhana dan sering saya sebut adalah menggunakan MA (moving average) 20 hari dan 50 hari, selain itu gunakan support dan resistan tetapi kalau bingung tentang support dan resisten anda bisa gunakan saja fibo retracement.

kita lihat terlebih dahulu gambarnya.

LPPF - Stop Loss

oke jadi pada tanggal 12 september 2014 saya melakukan pembelian untuk saham ini, dengan alasan bahwa dia telah breakout MA 20, seharusnya tanggal sebelumnya tetapi karena tanggal 11 september 2014 adalah hari kamis, bagi banyak pelaku pasar modal tentunya tahu apa yang terjadi pada hari jumat, banyak institusi yang mau mengamankan posisi likuiditas (sering tetapi tidak selalu hari jumat). jadi saya berencana menunggu apa yang terjadi dan ketika tanggal 12 september pada hari jumat ternyata harga naik dan break MA20 dan saya beli di harga 16,875. ini dasar saya melakukan pembelian. jadi semua ada dasar atau alasan yang kuat mengapa kita membeli atau menjual sebuah saham.

oh ya saya set target profit yang ingin saya raih yaitu di 17,900 – 18,100, dan stop loss saya di 15,000, jangka waktu 1-3 bulan.

mengapa di antara 17,900 – 18,100 karena fibo 100% ada di 18,000 jadi entah dia akan kena disana atau jalan-jalan dulu dikisaran harga tersebut. dan stop loss saya di 15,000 fibo 61,8% berada di sana.

kemudian ternyata tanggal 14 oktober 2014, tersentuh titik Stop Loss nya sehingga saya keluar. yang kerennya lagi kebetulan MA20 dan MA50 saling bersinggungan dan menyilang. sebenarnya kalau kita hanya mengandalkan Moving Average saja, maka kemungkinan kita akan terlambat karena pada saat itu tidak mungkin kita akan melihat terus menerus chart. kecuali anda adalah full time trader, anda masih harus mengerjakan pekerjaan lainnya.

LPPF - Stocks

kesimpulan yang ingin saya sampaikan adalah pentingnya perencanaan terlebih dahulu sebelum anda melakukan transaksi. apakah saya tidak masuk lagi? atau kapan saya harus masuk? itu topik lain lagi, karena kalau saya bahas lagi berarti saya sedang melakukan rekomendasi. dan rasanya saya sudah pernah membagikannya cara entry posisi hanya dengan kode saham yang berbeda, silakan bersenang-senang melakukan pencarian di web saya ini mungkin anda bisa mendapatkan artikel yang lebih bermanfaat lagi.

jadi kira-kira demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat.

 Disclaimer

Segala tulisan yang ada di atas ini merupakan hasil riset pribadi dan tidak dimaksudkan sebagai suatu anjuran atau saran untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi (saham, forex, dll). Investor (pemilik investasi) maupun trader harus menyadari resiko tindakannya. Segala keputusan dalam membeli atau menjual suatu instrumen investasi memiliki resiko yang harus dipahami sebelum pengambilan keputusan.
Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang yang timbul dari tindakan membeli atau menjual instrumen investasi. Rencanakan investasi/trading anda dengan baik dan dengan kesadaran penuh serta Tanggung Jawab pribadi. Keputusan anda adalah tanggung jawab anda sendiri.
Semua isi dari blog ini baik berupa tulisan, data, suara, kata – kata, text, kalimat, grafik, chart, percakapan, bukan merupakan suatu ajakan untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi. SETIAP KEPUTUSAN INVESTASI MENJADI TANGGUNG JAWAB PIHAK PEMILIK INVESTASI ATAU PEMILIK MODAL.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

84 + = 86