g My Mistake – Trading Review | Seri Financial Literacy | Trend Following

March 19, 2019

Welcome to my journey

My Mistake – Trading Review | Seri Financial Literacy

buy sell

Selama perjalanan trading ini saya menemui banyak sekali kesalahan yang terjadi pada diri saya. Dan saya ingin membagikan sedikit informasi bagaimana saya juga bisa salah. Kok rugi malah cerita sih? Ya supaya kalian para trader juga memahami bahwa kerugian itu juga bagian dari trading dan sebagai bahan intropeksi juga.

Tetapi kali ini topiknya adalah bagaimana saya kehilangan profit (tidak rugi) di saham TLKM. Artikel ini saya tulis juga sebagai bahan perenungan buat saya dan juga sebagai salah satu kontribusi saya dalam dunia belantara yang disebut saham (pasar modal).

Coba perhatikan saham TLKM yang sudah saya beli kapan hari (10 nov 2015), karena saya sudah melakukan perencanaan dan semua sudah saya tulis dibagian rencana trading saya. Tetapi saya gagal dalam mempertahankannya dalam arti saya gagal disiplin dalam konsisten mempertahankan rencana saya.

TLKM - Done

Entri saya sudah saya setup mendekati titik kerugian yang sanggup saya terima yaitu di -6% dan itu juga karena kalau tembus saya anggap harga berubah arah. Akan tetapi saya malah melakukan penjualan di tanggal 16 Nov 2015 hanya karena masalah sepele, saya melihat ada”bearish harami” lalu saya galau sendiri. Dan berakhir memutuskan keluar dari saham itu, yang sungguh disesalkan adalah ternyata keesokan harga naik dan saya gagal masuk kembali karena emosi saya sedikit mempengaruhi saya untuk mencoba kembali.

TLKM- Gain

Hasilnya bisa dilihat saya kehilangan potensi keuntungan yang luar biasa (+24%). Dan setelah itu saya mencoba mereview ulang semua rencana trading saya dan saya menemukan ada satu rule yang saya tidak patuhi alias saya langgar yaitu trend. Saya tidak mematuhi ketika belum tercapai kondisi trend yang saya inginkan sehingga membuat saya gelisah dan tidak percaya diri pada saat entri. Kemudian setelah beberapa hari ternyata trend berubah dan saya tidak berani masuk padahal trend sudah terkonfirmasi.

Jadi kira-kira itulah sebuah feedback yang saya alami dan temui lalu saya coba bagikan dalam bentuk kalimat bahwa “it cost me a fortune just not by following the rule”.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Segala tulisan yang ada di atas ini merupakan hasil riset pribadi dan tidak dimaksudkan sebagai suatu anjuran atau saran untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi (saham, forex, dll). Investor (pemilik investasi) maupun trader harus menyadari resiko tindakannya. Segala keputusan dalam membeli atau menjual suatu instrumen investasi memiliki resiko yang harus dipahami sebelum pengambilan keputusan.
Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang yang timbul dari tindakan membeli atau menjual instrumen investasi. Rencanakan investasi/trading anda dengan baik dan dengan kesadaran penuh serta Tanggung Jawab pribadi. Keputusan anda adalah tanggung jawab anda sendiri.
Semua isi dari blog ini baik berupa tulisan, data, suara, kata – kata, text, kalimat, grafik, chart, percakapan, bukan merupakan suatu ajakan untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi. SETIAP KEPUTUSAN INVESTASI MENJADI TANGGUNG JAWAB PIHAK PEMILIK INVESTASI ATAU PEMILIK MODAL.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 4 =